Selamat Datang di Blog "Bang Jon", semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat

Jumat, 18 Mei 2012

PLPG Tahap 1 Rayon 143 UNP Kediri

Alhamdulillah... PLPG yang sempat membuat deg-degan,,, akhirnya telah dapat saya lalui dengan baik, lancar dan sukses sekali. Kemarin tanggal 7 Mei 2012 sekitar pukul 11.00 WIB saya berangkat dari rumah dengan membawa sekoper perlengkapan dan satu kotak printer. Bersama sang istri dan seorang teman kami naek motor dengan santai dan Alhamdulillah sekitar pukul 12.00 WIB kami sampai di depan halaman Local Education Centre (LEC) Kediri. Disana sudah ramai orang-orang dengan membawa koper sibuk membaca sesuatu di papan pengumuman. Kami pun ikut bergabung dan tertera nama saya berada di kelompok 3 dengan kamar cemara, yang terletak di depan papan pengumuman. Saya pun langsung membawa barang bawaan ke kemar, ehh... ternyata satu kamar isinya 16 orang... wowww... tapi Alhamdulillah ada fasilitas AC nya sehingga menjadi terasa nyaman. Kami saling berkenalan dan terasa cepat akrab, ada yang dari Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Nganjuk dan Kab. Tulungagung.

Hari pertama, sekitar jam 15.00 WIB acara pembukaan dimulai dan langsung dilanjutkan materi pertama tentang Profesionalisme Guru hingga pukul 17.00 WIB selesai.
Hari kedua sampai kelima, masih santai-santai dengan pendalaman materi 5 mapel (PKn, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS). Kerjaannya hanya makan, minum, mandi, duduk, tidur, dst... wah jenuh sekali
Hari keenam, mulai materi PTK, wah ini mulai agak mumet??? Sekitar pukul 15.00 materi selesai kemudian dilanjutkan penugasan yaitu membuat rancangan proposal PTK. Wooww... tampak temen-temen semua sibuk, apalagi harus ditulis tangan dan ditarget jam 17.00 harus sudah selesai,,, ngebutttttt.... dan Alhamdulillah skitar jam 17.00 semua sudah selesai, meskipun mungkin hasilnya kurang memuaskan???


Hari berikutnya, mulai membuat perangkat pembelajaran (Silabus - RPP lengkap dengan handout, LKS, media pembelajaran dan penilaian). Alhamdulillah kelompok saya mendapat asesor yang pinter, enak, dan kooperatif, sehingga mulai proses pemilihan SK/KD, pembuatan silabus-RPP sampai pengemasan dapat berjalan dengan lancar dan sukses... (meskipun harus mulai lembur sampai jam satu malam).

Hari berikutnya, adalah kegiatan peer teaching,,, mulai deg-degan lagi??? Alhamdulillah pagi hari sebelum dimulai acara, saya bisa mengkondisikan teman-teman untuk berdoa dan membuat kesepakatan mengenai batas-batas pertanyaan, penilaian teman sejawat, dll yang berkaitan dengan praktek mengajar. Setelah dilakukan undian ternyata saya dapat giliran terakhir,,, wah deg-degan smakin lama ni??? Alhamdulillah praktek mengajar hari pertama dengan mapel favorit matematika, saya berhasil mendapat simpati dari asesor dan teman-teman...
Hari berikutnya, praktek mengajar kedua, saya mendapat nomer undian ketiga, kali ini saya membawakan mapel PKn, dan Alhamdulillah sungguh diluar dugaan, saya lebih sukses dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari asesor dan teman-teman ... sungguh anugrah yang sangat luar biasa...


Hari terakhir, semua peserta PLPG deg-degan lebih parah, karena inilah penentu utama kelulusan sertifikasi,,, semalam sudah banyak strategi direncanakan teman-teman yaitu untuk pembagian tugas mengerjakan... wowww hebat???
Tepat pukul 07.30 WIB mulai mengerjakan soal UTN, dan Alhamdulillah soalnya tidak sesulit soal UKA, setelah 120 menit semua harus sudah selesai dan berganti mengerjakan essay dari rayon 143 dengan waktu 80 menit. Alhamdulillah, dengan waktu yang semuanya bisa selesai,,, dilanjutkan penutupan...

Sekarang,,, deg-degan menunggu hasil UTN yang diperkirakan diumumkan seminggu setelah ujian. Untuk itu mohon doanya semua pembaca, semoga saya dan semua teman-teman peserta PLPG tahap 1 dapat LULUS dengan nilai yang memuaskan, amin...

Berikut ini, bagi teman-teman yang akan berangkat PLPG maupun yang masih antri, saya share soal UTN yang berhasil saya foto (meskipun hasilnya jelek, tapi masih terbaca koq),... silahkan dinikmati

http://www.ziddu.com/download/19420736/SOALUTNPLPGTAHAP1BangJon.zip.html

Terima Kasih, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar