Selamat Datang di Blog "Bang Jon", semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat

Selasa, 04 Desember 2012

Menghitung Umur Pada Excel

Sebelumnya perhatikan gambar berikut terlebih dahulu.
Rumus excel mencari umur
Rumus excel mencari umur
Untuk menghitung umur seseorang dalam excel seperti pada gambar diatas maka gunakan rumus berikut
=Datedif(C3;D3;"y")
Keterangan : kode “y” pada formula diatas digunakan untuk menghitung tahun (asal kata y=year) . Rumus diatas akan mengasilkan angka 31. Lalu bagaimana jika kita ingin menambahankan kata Tahun di belakangnya (seperti 31 Tahun)?. Caranya Gampang, setelah rumus diatas tambahkan kode berikut  &” Tahun” sehingga rumus berubah seperti dibawah ini :
=Datedif(C3;D3;"y")&" Tahun"
Bagaimana? mudah bukan?

Permaslahan yang muncul sekarang adalah, dari 3 data yang ada pada contoh diatas, data si A dan si B sama -sama memiliki usia 31 Tahun padahal tanggal lahirnya berbeda. Jika kita ingin mengetahui detailnya maka kita harus menambahkan formula untuk menghitung sisa bulannya.Rumusnya  adalah :
=Datedif(C3;D3;"ym")
Keterangan : “ym” adalah kode untung mengitung selisih bulan dari bulan patokan (asal kata y=year; m=month). Bagaimana menambahkan kata bulan dibelakangnya? caranya sama ketika kita menambahkan kata Tahun, sehingga rumusnya menjadi :
=Datedif(C3;D3;"ym")&" Bulan"
Dan jika kita juga menginginkan samapi detai berapa selisih harinya plus dengan kata hari dibelakangnya maka kita gunakan rumus seperti ini :
=Datedif(C3;D3;"md")&" Hari"
Keterangan : “md” kode untuk menampilkan selisih hari dalam 1 bulan (asal kata m = month; d = day).
Terakhir bagaimana caranya menampilkan usia dimana Tahun, bulan dan hari berada dalam satu cell. Jika kita ingin melakukan hal tersebut maka kita harus menggabungkan ke-3 rumus daiats, sehingga nanti dalam satu sel pun harus memuat ke-3 rumus tersebut. Gabungan ke-3 formula excel tersebut dalam satu sel adalah :
=Datedif(C3;D3;”y”)&” Tahun “&Datedif(C3;D3;”ym”)&” Bulan “&Datedif(C3;D3;”md”)&” Hari”
menhitung umur tahun, bulan dan hari pada formula excel
Tahun, Bulan dan Hari
Catatan : secara umum syntax formula diatas merujuk ke formula umum DATEDIF(start_date, end_date, format).  start_date diisi dengan Tanggal lahir, end_date diisi dengan tanggal patokan kemudian format (“y”, “ym”, “md”). Jika kita akan merubah tanggal patokan menjadi tanggal sekarang maka tinggal end_date diganti dengan TODAY()
Contoh :
=Datedif(C3;TODAY();”y”)&” Tahun “&Datedif(C3;TODAY();”ym”)&” Bulan “&Datedif(C3;TODAY();”md”)&” Hari”
Jangan Kopi paste rumus diatas. Silakan download filenya disini

Sumber : http://blog.pakhermawan.com/2011/10/11/menghitung-umur-pada-excel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar