Selamat Datang di Blog "Bang Jon", semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat

Senin, 27 Agustus 2012

Free Software Edukasi untuk Siswa TK dan SD serta Anak Usia PraSekolah


Posting ini sekedar menambahkan daftar referensi software edukasi bagi rekan-rekan yang saat ini mengelola laboratorium komputer di sekolah bagi siswa TK dan SD, sekaligus untuk orang tua yang memiliki anak usia prasekolah. :-) Software berikut adalah Free dan sebagian Open Source Software, yang dapat berjalan pada platform Linux, MacOS dan Windows. Sifatnya yang free (gratis), kemudahan dalam penggunaan, tersedia dalam berbagai pilihan bahasa, ditambah dengan memungkinkannya mengembangkan kode program, menjadikan software berikut dapat menjadi pilihan yang bijaksana bagi siswa Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar dalam mata pelajaran TIK dan belajar sambil bermain untuk anak usia prasekolah.
1. Alice
Alice adalah sebuah lingkungan pemrograman 3D yang inovatif yang memudahkan untuk membuat animasi untuk bercerita, memainkan game interaktif, atau video untuk berbagi di web. Alice adalah alat pengajaran yang dirancang untuk memperkenalkan siswa kepada pemrograman berorientasi obyek. Hal ini memungkinkan siswa untuk belajar konsep dasar pemrograman dalam rangka menciptakan film animasi dan video game sederhana. Di Alice, 3-D objek (misalnya, orang, hewan, dan kendaraan) mengisi dunia maya dan siswa membuat program untuk menghidupkan objek tersebut.
Alice
Dalam antarmuka interaktif Alice, siswa dapat melakukan drag dan drop untuk membuat sebuah program, dimana instruksi yang dilakukan sesuai dengan standar dalam bahasa pemrograman berorientasi obyek, seperti Java, C, dan C #. Alice memungkinkan siswa untuk segera melihat bagaimana program animasi mereka berjalan, memungkinkan mereka untuk dengan mudah memahami hubungan antara perintah program dan perilaku objek dalam animasi mereka. Dengan memanipulasi benda-benda di dunia maya mereka, siswa memperoleh pengalaman dengan membangun program yang biasanya diajarkan dalam kursus pengantar pemrograman.
2. Childsplay
Childsplay adalah kumpulan aktivitas pendidikan untuk anak-anak dan berjalan pada Windows, OSX, dan Linux. Childsplay dapat digunakan di rumah, taman kanak-kanak dan pra-sekolah.
Childsplay
Childsplay menyenangkan dan menyediakan cara untuk membiarkan anak-anak menggunakan komputer dan pada saat yang sama mengajari mereka sedikit matematika, huruf dari Abjad, ejaan, koordinasi mata-tangan dll. Childsplay adalah bagian dari proyek schoolsplay.org.
3. GCompris
GCompris adalah software edukasi/pendidikan berkualitas yang berisi berbagai aktivitas untuk anak usia 2 sampai 10 tahun. Beberapa aktivitas berorientasi permainan tapi tetap mendidik. Di bawah ini daftar kategori dengan beberapa aktivitas yang tersedia dalam kategori tersebut.
  • Pengenalan Komputer: keyboard, mouse, gerakan mouse yang berbeda
  • Aljabar: tabel memori, urutan, tabel pemasukan ganda, mencerminkan gambar
  • Ilmu pengetahuan alam: pintu kanal, siklus air, kapal selam, simulasi listrik
  • Geografi: menempatkan negara di peta
  • Permainan: catur, memori, sambung 4, oware, sudoku
  • Membaca: praktek membaca
  • Lain-lain: belajar membaca jam, teka-teki lukisan terkenal, gambar vektor, pembuatan kartun
GCompris
Saat ini GCompris berisi lebih dari 100 aktivitas dan masih sedang dikembangkan. GCompris adalah perangkat lunak bebas, yang berarti kita dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan, memperbaikinya, dan yang paling penting, berbagi dengan anak-anak di mana-mana.
4. Rapid Typing
Rapid Typing merupakan software edukasi untuk kemampuan mengetik dan menggunakan keyboard.
Rapid Typing
5. Stykz
Stykz adalah freeware, yang berarti benar-benar bebas untuk download dan digunakan untuk membuat animasi yang bisa ditunjukkan kepada orang lain atau impor ke aplikasi lain. Tidak ada biaya tersembunyi, lisensi atau izin yang diperlukan untuk menggunakan Stykz secara penuh.
Stykz
Stykz adalah multi-platform program animasi stick (tongkat) pertama di dunia (sejauh yang kita tahu), sehingga kita dapat menggunakan Mac OS X, Windows, dan Linux untuk membuat, mengedit dan preview animasi.
6.Tux Paint
Tux Paint adalah free dan open source software, didistribusikan mengunakan lisensi GNU GPL, pemenang penghargaan program gambar untuk anak usia 3 sampai 12 (misalnya, prasekolah dan SD). Tux Paint digunakan di sekolah-sekolah di seluruh dunia sebagai kegiatan menggambar dengan komputer. Software ini menggabungkan antarmuka yang mudah digunakan, efek suara menyenangkan, dan maskot kartun menggembirakan yang memandu anak-anak saat mereka menggunakan program ini. Anak-anak disajikan dengan kanvas kosong dan berbagai alat gambar untuk membantu mereka menjadi kreatif.
Tux Paint
Tux Paint
Tux Paint berjalan pada berbagai platform, termasuk semua versi Windows (termasuk Tablet PC), Mac OS X 10.3 ke atas, Linux, BeOS dan Haiku, FreeBSD dan NetBSD. Dapat bekerja dengan baik pada komputer tua, sistem lebih lambat, serta thin-klien seperti LTSP, Citrix ® dan Windows Terminal Services. Bahkan berjalan pada beberapa komputer genggam.
7. TuxMath
TuxMath adalah sebuah game arcade yang membantu anak-anak berlatih matematika. Tujuan utama software ini adalah untuk membuat belajar matematika menjadi efektif dan menyenangkan.
TuxMath
TuxMath
8. TuxTyping
TuxTyping adalah software edukasi untuk belajar mengetik bagi anak-anak yang dibintangi Tux, penguin Linux. Permainan mendidik ini dilengkapi dengan dua tipe permainan yang berbeda: untuk berlatih mengetik, dan bermain.
TuxTyping
9. KDE Edu
KDE Edu merupakan kumpulan Software Pendidikan Gratis yang didasarkan pada teknologi KDE. Siswa, orang tua, anak, guru, dan orang dewasa dapat dengan bebas menggunakan perangkat lunak tersebut, menyalin, memodifikasi dengan kebutuhan dan menikmati belajar dengan berbagai aplikasi. Aplikasi dari program telah diterjemahkan dalam lebih dari 65 bahasa. Program KDE Edu dikategorikan berdasarkan usia (usia Prasekolah, Sekolah, dan Universitas) dan Jenis Aplikasi (Bahasa, Matematika, Umum, dan Science).
KDE Edu
Fokus utama KDE Edu adalah pada anak usia 3 sampai 18, dan user yang membutuhkan interface khusus. Terdapat juga program untuk membantu guru dalam merencanakan pelajaran, dan lain-lain yang menarik untuk siswa dan semua orang yang memiliki keinginan untuk belajar.
Mari berpartisipasi dalam pendidikan, bergabunglah dalam komunitas pengguna free software dan jadilah bagian dari program mencerdaskan dunia :-)
Sumber : http://fxekobudi.net/open-source/free-software-edukasi-untuk-siswa-tk-dan-sd-serta-anak-usia-prasekolah/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar