Selamat Datang di Blog "Bang Jon", semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat

Senin, 27 Agustus 2012

Software untuk Pembelajaran Matematika


Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di kelas, khususnya pembelajaran Matematika, ada baiknya untuk mencoba menggunakan model pembelajaran berbasis teknologi software komputer. Berikut ini adalah beberapa software yang sangat menarik dan dapat membantu guru dalam menyajikan materi pembelajaran matematika.

Abilities Bulider Math 6.6

Software ini dapat membantu guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang agak berbeda dengan pembelajaran pada umumnya. Dengan software ini guru dapat menampilkan operasi-operasi dasar matematika, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Software ini dilengkapi dengan fasilitas yang memungkinkan Siswa untuk mengecek sendiri kebenaran jawabannya serta juga dilengkapi dengan fasilitas kunci jawaban Jawaban lengkap.
Diskripsi software :
Ukuran2841 kb
LisensiFreeware
BahasaInggris
OSWindows 95, Windows 98, Windows ME, Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows CE
Homepagetis-co.com
Emailinfo@tis-co.com
AuthorsLarry Abramson
Persyaratan Systim10 MB RAM, 10 MB Space HD

MathAid Trigonometri 25,60

Program ini sangat bagus karena memuat tiga unsur sekaligus, yaitu konsep teori, contoh interaktif yaitu contoh dengan memasukan nilai variabel dan langsung terlihat perubahannya pada layar, serta masalah-masalah yang dilengkapi dengan fasilitas pengecekan kebenaran, kunci jawaban, serta jawaban lengkap. Yang menarik lagi dari fasilitas pengecekan kebenaran adalah bahwa jika jawaban benar, maka akan ditampilkan animasi gambar muka ceria, sedangkan jika jawaban salah, maka animasi yang muncul adalah gambar muka murung.
Ukuran644 kb
LisensiDemo
BahasaInggris
OSWindows 95, Windows 98, Windows ME, Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows CE
Homepagemathaid.com
Emailinfo@mathaid.com
AuthorsMathAid
Persyaratan SystimJava

Sofware sejenis yang dikembangkan  MathAid adalah MathAid Algebra II, MathAid Algebra College, dan MathAid Pre Calculus

GeoGebra 3.2.46.0

Satu lagi program yang cukup menarik untuk dipergunakan sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran matematika di kelas adalah GeoGebra. Program yang dikembangkan oleh Dinamic Mathematic for Everyone ini menguntungkan sekali bagi guru dalam mengajarkan Aljabar Geometry. Dalam program ini tersedia banyak sekali fitur tentang geometry dan nilai aljabarnya, seperti persamaan garis, jarak antara dua titik, gambar segibanyak dan luasnya, lingkaran dengan luas, jari, besar sudut pusat, luas juring dan masih banyak lagi fasilitas yang terdapat di dalamnya.
Program tersebut berintikan dua hal utama, yaitu obyek bebas dan obyek terikat. Kita tinggal mengklik sati titik sebagai awal dan satu titik lain sebagai pembanding, maka akan langsung muncul kedua titik itu pada obyek bebas dan terikat, dan berikutnya akan muncul hasilnya pada obyek terikat.
Contohnya : kita mengambil perintah poligon beraturan
Kita klik titik pusat (0,0) sebagai titik awal, kemudian kita klik lagi titik (1,0) sebagai titik kedua, maka akan langsung muncul permintaan poligon sisi berapa yang ingin kita buat. jika kita isi dengan 5, maka akan langsung muncul gambar segi-5 beraturan lengkap dengan panjang sisi dan luas, dan dapat menambahkan unsur lain sesuai kebutuhan kita.
Yang lebih menarik lagi program ini dilengkapi fasilitas bahasa Indonesia. Program ini berukuran 14,508 MB dan dapat dijalankan dengan semua Sistim Operasi  seperti window, mac, linux dan lain-lain. Homepagenya : http://www.geogebra.com
Jika berminat untuk mencobanya, anda  dapat langsung ke alamat websitenya seperti yang ada dalam masing-masing program di atas.
Atau bisa langsung download pada paket berikut :
Download Geogebra [KLIK DISINI]
Download MathAid Algebra II [KLIK DISINI]
Download MathAid College Algebra [KLIK DISINI]
Download MathAid Precalculus [KLIK DISINI]
Download MathAid Trigonometry [KLIK DISINI]
 Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Sumber : http://labarasi.wordpress.com/2011/02/05/software-pembelajaran-matematika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar